Minggu, 09 Januari 2011

DHARMA PERTIWI PENGURUS DAERAH H LAKSANAKAN KEGIATAN PENYELAMATAN HUTAN PANTAI DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR DI PANTAI HAMADI.


Terjadinya peningkatan suhu sebagai akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer yang diakibatkan oleh pesatnya perkembangan teknologi dan industri serta pemakaian energi fosil membuat lapisan di atmosfer menyelimuti bumi akibatnya bumi menjadi semakin panas. Rabu (1/12) bertempat di Pantai Hamadi Jayapura dilaksanakan kegiatan penyelamatan Hutan Pantai dan peningkatan kesejateraan masyarakat pesisir.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi dampak akibat perubahan cuaca yang tidak menentu yang terjadi akhir-akhir ini hampir disemua wilayah, terutama didaerah pesisir pantai. Disisi lain perubahan cuaca didaerah pesisir juga mengakibatkan terjadinya penurunan hasil tangkapan ikan bagi nelayan karena rusaknya hutan pantai. Semua ini berdampak pula terhadap ketahanan pangan, akibatnya perekonomian rumah tangga akan semakin terpuruk, kemiskinan tak bisa terhindarkan lagi. dampak kemiskinan ini sangat dirasakan sekali oleh kaum perempuan dan anak-anak. Sejalan dengan hal tersebut Dharma Pertiwi Pengurus Daerah H tergerak untuk membantu para nelayan dalam mengatasi hal tersebut, Ungkap Ketua Dharma Pertiwi Pengurus Daerah H Ibu Rini Erfi Triassunu.

Dipilihnya pantai hamadi sebagai lokasi penanaman pohon mangrove karena tempat ini secara topografi dan kontur tanahnya dekat dengan permukaan laut, hal ini sesuai dengan tema gerakan perempuan tanam dan pelihara 2010 yang menjadi komitmen 7 organisasi perempuan sebagai pemrakarsanya yaitu penyelamatan hutan pantai dan pening-katan kesejahteraan masyarakat pesisir .

Tema tersebut menyiratkan suatu tekad yang kuat Dharma Pertiwi Pengurus Daerah H, untuk lebih menyukseskan jalannya program ketahanan pangan sebagai sumber kesejahteraan, sehingga dalam proses ekploitasi terhadap alam, masyarakat tidak hanya menjadikan alam sebagai obyek tetapi juga sebagai subyek yang harus diperhatikan kelestariannya. (Agus)

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini